News
>

Tuesday, 18 February 2014

Tips Teliti Sebelum Bore Up Mesin

Otoasia.net : Modifikasi dalam meningkatkan performa mesdin motor salah satunya adalah dengan bore up. Bore up mesin dilakukan agar tenaga yang diproduksi meningkat. Dalam perubahan ini perlu memerhatikan beberapa hal penting. Sebab jika terjadi kesalahan, resiko mesin bisa jebol.


Pertama yang perlu diperhatikan dalam menaikkan kapasitas mesin, yakni mengenali terlebih dahulu jantung pacu tunggangan apakah mampu dimodifkasi dengan kapasitas besar.

Sebab peningkatan kapasitas tentunya berpengaruh pada kondisi blok mesin. Jika peningkatan kapasitas cukup tinggi, penggantian blok mesin pun diperlukan. Kemudian dalam pemilihan liner, harus yang lebih tebal sesuai dengan kapasitas yang diinginkan agar mesin tak pecah.

"Misal ingin menaikkan kapasitas Honda Grand jadi 130cc, otomatis harus ganti blok mesin. Intinya jangan terlalu memaksakan bore up sampai liner jadi terlalu tipis, jika memang terpaksa ganti liner dengan yang lebih tebal," ucap Eko Basudewo dari Tamatech.

Tetapi jika tetap menggunakan Liner yang sudah menipis, berdampak pada naiknya suhu pada mesin dan tidak kuatnya dalam menahan kompresi.

Kedua pemilihan piston yang menjadi penggerak kendaraan. "Untuk ketahanan sebaiknya pilih piston dengan lapisan keramik, karena piston jenis ini mampu menahan panas yang cukup tinggi," tambahnya.

Ketiga yakni memastikan saluran oli ke mesin mengalirkan dengan baik, tidak hanya mencegah mesin dari keausan tetapi juga menjaga mesin tetap dingin karena peningkatan suhu yang keluar lebih banas dari bore up mesin.

Terakhir memastikan pengembalian pemasangan dilakukan secara rapi. Sebab jika yang kurang rapi tak hanya berisiko menimbulkan masalah berkelanjutan tetapi juga bisa merusak mesin secara keseluruhan.

Simak Inspirasi Modif Lain...!!!

""

Penggemar dunia otomotif dan hoby ngetik
Post a Comment
 
Copyright © 2013-2013 otoasia.net Otoasia.Net Automotive update terbaru Motor dan Mobil Modifikasi
Design by FBTemplates | BTT