News
>

Saturday, 29 March 2014

4 Jenis Bahan Kampas Rem, Sesuaikan Dengan Kendaraan Anda

Kampas rem merupakan kebutuhan untuk semua kendaraan, tapi tidak semua kampas rem itu sesuai dengan jenis kendaraan apapun. Hal ini karena perbedaan kondisi berkendaranya, jadi perlu disesuaikan jenih, bahan kampas rem dengan kebutuhan berkendara.
Otoasia.net - Kampas rem merupakan kebutuhan untuk semua kendaraan, tapi tidak semua kampas rem itu sesuai dengan jenis kendaraan apapun. Hal ini karena perbedaan kondisi berkendaranya, jadi perlu disesuaikan jenih, bahan kampas rem dengan kebutuhan berkendara.

Secara bahan terdapat beberapa kampas yaitu kampas organik, semi-metal, keramik dan sinter. Kampas tersebut memiliki kelebihan kekurangan masing-masing, dimana juga digunakan untuk kebutuhan tertentu.
Apa saja bahan-bahan kampas yang beredar di pasaran? Berikut penjelasan jenis-jenis kampas rem.

1. Bahan organik
Bahan organik terbuat dari beberapa campuran material yang direkatkan dengan resin untuk membentuk kampas. Biasanya material yang digunakan antara kaca, kevlar dan karbon. Kampas jenis ini paling sering digunakan pada kendaraan pabrikan dengan karakter lembut dan tak mengeluarkan banyak suara. Namun, kampas organik tidak tahan akan panas yang terlalu tinggi, sering kali kampas ini akan kehilangan daya geseknya dan cepat habis saat berada pada suhu tinggi.

2. Bahan semi-metal
Kampas jenis ini biasanya terbuat dari beberapa campuran metal seperti besi, tembaga, atau baja yang dilapisi pelumas berupa grafit. Satu kelebihan dari kampas ini adalah kemampuannya dalam suhu tinggi dibanding cakram organik. Namun, kampas semi-metal cenderung cepat habis, berisik dan memproduksi banyak ampas sisa pengereman yang berisiko merusak cakram. Tak hanya itu, pada suhu dingin kampas ini kurang dapat mencengkram alias membutuhkan pemanasan sebelum berkeja dengan maksimal.

3. Bahan keramik
Kampas keramik terbuat dari campuran karbon dan silikon yang memiliki ketahanan cukup baik. Seperti layaknya kampas semi-metal, kampas keramik dapat bertahan pada suhu tinggi, namun berbeda dengan kampas semi-metal ampas yang dihasilkan lebih sedikit karena ketahanannya. Kampas jenis ini cocok untuk dipasangkan pada kendaraan balap sirkuit, namun tidak cocok untuk kendaraan di medan berat.

4. Bahan sinter
Kampas jenis ini lebih populer dikalangan pengendara motor. Bahan ini terbuat dari bubuk metal biasanya tembaga yang dicampurkan dengan bahan lain seperti karbon dan grafit kemudian dipanaskan hingga 982 derajat celcius. Dapat dikatakan kampas ini seluruhnya terbuat dari metal yang menyediakan perubahan suhu secara cepat. Maksudnya kampas sinter tidak memerlukan pemanasan layaknya kampas semi-metal agar bekerja secara maksimal. Kampas jenis ini memiliki ketahanan yang cukup kuat dibandingkan keramik dan semi-metal, namun harga yang ditawarkan cukup mahal.
Simak Inspirasi Modif Lain...!!!

""

Penggemar dunia otomotif dan hoby ngetik
Post a Comment
 
Copyright © 2013-2013 otoasia.net Otoasia.Net Automotive update terbaru Motor dan Mobil Modifikasi
Design by FBTemplates | BTT